Header Ads

ads header

Breaking News

 

Rounded Rectangle: RPP MODEL
DISCOVERY LEARNING
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Madrasah                    :     MAN ALOR

Mata Pelajaran                       :    BAHASA INGGRIS

Kelas/Semester                     :     XI / Genap

Tahun Pelajaran                    :     2022/2023

KD                                           :  3.6. Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

                                                     beberapa teks khusus dalam bentuk undangan resmi dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja sesuai dengan konteks penggunaannya.

                                                      4.6 Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

Materi Pokok                          :     Teks Khusus Dalam Bentuk Surat Pribadi

Alokasi Waktu                        :     9 JTM (9 x45 menit)

Pertemuan ke                         :     1 – 3

 

Kompetensi Inti

KI-1

:

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI-2

:

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI-3

:

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI-4

:

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

 

Kompetensi Dasar ( KD )

Indikator Pencapaian Kompetensi ( IPK )

3.6

Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk undangan resmi dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja sesuai dengan konteks penggunaannya.

1

 

2

3

 

Mengidentifikasi ungkapan keakraban yang lazim digunakan dalam surat pribadi

Memahami struktur  teks dan unsur kebahasaan surat pribadi

Menganalisis unsur-unsur eksposisi surat pribadi

4.6

Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

1

 

 

2

Mengelompokkan dan menyusun kembali tiga surat pribadi yang dicampur aduk secara acak menjadi tiga surat pribadi yang koheren, seperti aslinya

Membuat surat pribadi untuk satu orang teman di kelas tentang suatu hal yang relevan, dan kemudian membalasnya

 

 

Pertemuan Pertama: (3 x 45 menit)

 

Materi Pembelajaran

Teks Khusus Dalam Bentuk Surat Pribadi

 

Indikator Pencapaian Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran, Peserta Didik mampu untuk:

1.      Mengidentifikasi ungkapan keakraban yang lazim digunakan  dalam surat pribadi

2.      Memahami struktur  teks dan unsur kebahasaan surat pribadi

3.      Menganalisis unsur-unsur eksposisi surat pribadi

4.      Mengelompokkan dan menyusun kembali tiga surat pribadi yang dicampur aduk secara acak menjadi tiga surat pribadi yang koheren, seperti aslinya

5.      Membuat surat pribadi untuk satu orang teman di kelas tentang suatu hal yang relevan, dan kemudian membalasnya

 

Pendekatan, Model, Metode dan Media Pembelajaran (Alat/Bahan & Sumber Belajar)

Pendekatan Pembelajaran   : Saintifik TPACK

Model Pembelajaran              : Discovery  Learning

Metode Pembelajaran            : Diskusi (Presentase dan Tanya Jawab)

Media, Alat dan Bahan           :  Spidol, papan tulis, HP/Leptop/Proyektor, WAG, Website Mapel.

Sumber Belajar                         :  Buku Bahasa Inggris untuk SMA dan MA Kelas XI edisi revisi 2016, Website Mapel Bahasa Inggris, Youtube

 

Langkah-langkah pembelajaran

 

Kegiatan dan Syntax

Deskripsi Kegiatan Belajar

Waktu/ Ket

PENDAHULUAN

 

Guru memberikan orientasi, apersepsi, motivasi, acuan dan pengelompokan pembelajaran.

5 menit

(Synchronous)

KEGIATAN INTI

Stimulus

1.       Guru membuka KBM dengan membacakan ayat Al Quran yang relevan dengan materi pembelajaran (QS. An-Naml: 28)

2.       Guru menyampaikan permasalahan umum yang berkaitan dengan Materi Personal Letter

15 menit

(Synchronous/ Tatap Muka)

Problem Statment

Guru memberikan kesempatan bertanya kepada Peserta Didik tentang materi pembelajaran. Misalnya:

1.       What is Personal letter?

2.       What is the function social of personal letter?

3.       What is the general structure of the text?

10 menit

(Synchronous/ Tatap Muka)

Data Collection

Peserta Didik mencari dan mencatat berbagai informasi yang berhubungan dengan surat pribadi serta Mengidentifikasi ungkapan keakraban yang lazim digunakan  dalam surat pribadi

§   

30 Menit

(Asynchronous/Penugasan)

Kegiatan belajar di luar jam Tatap Muka (Web, WAG, Google Meeteng)

Data Processing

Secara berkelompok Peserta Didik berdiskusi untuk mengerjakan tugas tentang struktur  teks , unsur kebahasaan dan ungkapan-ungkapan keakraban yang lazim digunakan dalam surat pribadi melalui WAG, web.

30 Menit

(Asynchronous/Penugasan)

Kegiatan belajar di luar jam Tatap Muka (Web, WAG)

Verification

1.       Guru memfasilitasi kelompok Peserta Didik untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang materi ajar baik secara langsung.

2.       Peserta Didik lain baik secara individual maupun kelompok menanggapi hasil presentasi untuk melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah informasi yang disampaiakan oleh kelompok penyaji baik baik secara langsung maupun dengan memberi komentar pada link youtube. (synchronous dan asynchronous)

40 Menit (Synchronous/ Tatap Muka)

Generalization

1.       Guru memberikan umpan balik dan membimbing Peserta Didik menyimpulkan materi pembelajaran tentang lirik lagu

PENUTUP

·        Guru merefleksikan pengalaman belajar, memberikan penilaian, dan menyampaikan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan pada pertemuan mendatang (materi dishare pada web pembelajaran, WAG atau youtube, dll)

5 menit

·        (Synchronous/ Tatap Muka)

A.      Penilaian

Sikap Spritual dan Sikap Sosial           : Lembar pengamatan

Pengetahuan                                            : LK Peserta Didik

Ketrampilan                                             : Observasi diskusi, produk, project dan portfolio

 

Pertemuan Kedua: (3 x 45 menit)

 

Materi Pembelajaran

Teks Khusus Dalam Bentuk Surat Pribadi

 

Indikator Pencapaian Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran, Peserta Didik mampu untuk:

1.      Menganalisis unsur-unsur eksposisi surat pribadi

2.      Mengelompokkan dan menyusun kembali tiga surat pribadi yang dicampur aduk secara acak menjadi tiga surat pribadi yang koheren, seperti aslinya

3.      Membuat surat pribadi untuk satu orang teman di kelas tentang suatu hal yang relevan, dan kemudian membalasnya

 

Pendekatan, Model, Metode dan Media Pembelajaran (Alat/Bahan & Sumber Belajar)

Pendekatan Pembelajaran   : Saintifik TPACK

Model Pembelajaran              : Discovery  Learning

Metode Pembelajaran            : Diskusi (Presentase dan Tanya Jawab)

Media, Alat dan Bahan           :  Spidol, papan tulis, HP/Leptop/Proyektor, WAG, Website Mapel.

Sumber Belajar                         :  Buku Bahasa Inggris untuk SMA dan MA Kelas XI edisi revisi 2016, Website Mapel Bahasa Inggris, Youtube

 

Langkah-langkah pembelajaran

 

Kegiatan dan Syntax

Deskripsi Kegiatan Belajar

Waktu/ Ket

PENDAHULUAN

 

Guru memberikan orientasi, apersepsi, motivasi, acuan dan pengelompokan pembelajaran.

5 menit

(Synchronous)

KEGIATAN INTI

Stimulus

1.       Guru membuka KBM dengan membacakan ayat Al Quran yang relevan dengan materi pembelajaran (QS. An-Naml: 28)

2.       Guru menyampaikan permasalahan umum yang berkaitan dengan Materi Personal Letter

15 menit

(Synchronous/ Tatap Muka)

Problem Statment

Guru memberikan kesempatan bertanya kepada Peserta Didik tentang materi pembelajaran. Misalnya:

1.       Apa unsur-unsur eksposisi dari surat pribadi?

2.       Apa perbedaan antara surat pribadi dengan surat resmi?

3.       Bagaimana cara penyusunan surat pribadi?

10 menit

(Synchronous/ Tatap Muka)

Data Collection

Peserta Didik mencari dan mencatat unsur-unsur eksposisi dari surat pribadi

§   

30 Menit

(Asynchronous/Penugasan)

Kegiatan belajar di luar jam Tatap Muka (Web, WAG, Google Meeteng)

Data Processing

Secara berkelompok Peserta Didik berdiskusi untuk mengerjakan tugas tentang unsur-unsur eksposisi surat pribadi, perbedaan antara surat pribadi dengan surat resmi , cara penyusunan surat pribadi,melalui WAG, web.

30 Menit

(Asynchronous/Penugasan)

Kegiatan belajar di luar jam Tatap Muka (Web, WAG)

Verification

1.       Guru memfasilitasi kelompok Peserta Didik untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang materi ajar baik secara langsung.

2.       Peserta Didik lain baik secara individual maupun kelompok menanggapi hasil presentasi untuk melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah informasi yang disampaiakan oleh kelompok penyaji baik baik secara langsung maupun dengan memberi komentar pada link youtube. (synchronous dan asynchronous)

40 Menit (Synchronous/ Tatap Muka)

Generalization

2.       Guru memberikan umpan balik dan membimbing Peserta Didik menyimpulkan materi pembelajaran tentang lirik lagu

PENUTUP

1.        Guru merefleksikan pengalaman belajar, memberikan penilaian, dan menyampaikan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan pada pertemuan mendatang (materi dishare pada web pembelajaran, WAG atau youtube, dll)

5 menit

2.        (Synchronous/ Tatap Muka)

B.      Penilaian

Sikap Spritual dan Sikap Sosial           : Lembar pengamatan

Pengetahuan                                            : LK Peserta Didik

Ketrampilan                                             : Observasi diskusi, produk, project dan portfolio

 

Pertemuan Ketiga: (3 x 45 menit)

Materi Pembelajaran

Teks Khusus Dalam Bentuk Surat Pribadi

 

Indikator Pencapaian Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran, Peserta Didik mampu untuk:

1.      Mengelompokkan dan menyusun kembali tiga surat pribadi yang dicampur aduk secara acak menjadi tiga surat pribadi yang koheren, seperti aslinya

2.      Membuat surat pribadi untuk satu orang teman di kelas tentang suatu hal yang relevan, dan kemudian membalasnya

 

 

Pendekatan, Model, Metode dan Media Pembelajaran (Alat/Bahan & Sumber Belajar)

Pendekatan Pembelajaran   : Saintifik TPACK

Model Pembelajaran              : Project Based Learning

Metode Pembelajaran            : Diskusi, simulasi

Media, Alat dan Bahan           :  Spidol, papan tulis, HP/Leptop/Proyektor, WAG, Website Mapel.

Sumber Belajar                         :  Buku Bahasa Inggris untuk SMA dan MA Kelas XI edisi revisi 2016, Website Mapel Bahasa Inggris, Youtube

 

Langkah-langkah pembelajaran

 

Kegiatan dan Syntax

Deskripsi Kegiatan Belajar

Waktu/ Ket

 

PENDAHULUAN

5 menit

Orientasi, apersepsi, motivasi, dan memberikan acuan pembelajaran

5 menit

(Synchronous)

 

KEGIATAN INTI

Fase 1

Penentuan Pertanyaan Mendasar

1.      Guru membuka KBM dengan membacakan ayat Al Quran yang relevan dengan materi pembelajaran (QS. An-Naml: 28)

2.      Guru menyampaikan Materi Personal Letter

30 menit

(Synchronous/ Tatap Muka)

 

Fase 2

Mendesain Perencanaan Proyek

Guru membimbing Peserta Didik dalam menyusun langkah-langkah penyusunan surat pribadi dan menyusun kembali tiga surat pribadi yang dicampur aduk secara acak menjadi tiga surat pribadi yang koheren, seperti aslinya dan membuat surat pribadi.

25 menit

(Synchronous/ Tatap Muka)

 

Fase 3

Menyusun Jadwal

Guru dan Peserta Didik menyepakati jadwal aktifitas kegiatan, meliputi; Jadwal memulai pekerjaan tugas, jadwal konsultasi dan bimbingan tugas, serta jadwal batasan akhir pekerjaan tugas.

 

Fase 4

Memonitor Peserta Didik dan kemajuan proyek

Guru memonitoring perkembangan kemajuan Peserta Didik dalam menyelesaikan tugas dan mengecek keaktifan Peserta Didik dalam menyelesaikan tugas tersebut, sedangkan Peserta Didik membuat catatan perkembangan penyelesaian tugas untuk dikonsultasikan dengan guru.

45 Menit

(Asynchronous/Penugasan)

Kegiatan belajar di luar jam Tatap Muka menggunakan web, WAG, Goocgle Met, Zoom.

 

Fase 5

Menguji Hasil

Pada fase ini Peserta Didik mengumpulkan hasil kerjanya, kemudian guru menguji tugas yang telah dikerjakan Peserta Didik dengan memberikan umpan balik, serta mengevaluasi keaktifan Peserta Didik dalam menyelesaikan proyek tersebut.

25 Menit

(Ayncronus, Synchronous)

 

Fase 6

Mengevaluasi Pengalaman

Guru dan Peserta Didik melakukan refleksi terhadap aktivitas Peserta Didik dalam proses penyelesaian tugas tersebut. Refleksi bertujuan untuk menemukan berbagai kekurangan dalam aktivitas Peserta Didik  untuk melakukan perbaikan-perbaikan.

 

 

PENUTUP

§  Guru merefleksikan pengalaman belajar, memberikan penilaian, dan menyampaikan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan pada pertemuan mendatang (materi dishare pada web pembelajaran, WAG atau youtube)

5 menit

(Synchronous)

 

C.      Penilaian

Sikap Spritual dan Sikap Sosial      : Lembar pengamatan

Pengetahuan                                          : LK Peserta Didik

Ketrampilan                                           : Observasi diskusi, produk, project dan portfolio

 

PENILAIAN

Penilaian terhadap peserta didik adalah penilaian autentik yang dilakukan mengunakan aplikasi penilaian yang telah disiapkan Madrasah, yang terdiri dari:

a.    Penilaian sikap

Penilaian sikap spiritual dan sikap sosial dilakukan melalui pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung.

 

1)    Sikap Spritual

 

PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

Mata Pelajaran                  : Bahasa Ingris

Kelas                                      : XI

Hari/Tanggal                     : ……………………………………………………………

 

No

Nama Peserta Didik

Pernyataan Soal No…

Jml

Skor

Skor Nilai

Kode

Nilai

 

1

2

3

4

5

1-100

1-4

 

1

Abdul hamid Mopali

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh Pernyataan:

1.      Saya semakin yakin dng keberadaan Tuhan setelah belajar

2.      Saya berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu kegiatan

3.      Saya mengucapkan rasa syukur atas segala karunia Tuhan

4.      Saya memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat

5.      Saya mengungkapkan keagungan Tuhan jika melihat kebesaranNya  

Keterangan         :

TP (tidak Pernah)            :  Nilai = 1         SR (Sering)                    :  Nilai = 3

KD (Kadang-kadang)      :  Nilai = 2         SL (Selalu)                     :  Nilai = 4

 

2)    Sikap Sosial

 

PENILAIAN SIKAP SOSIAL

Mata Pelajaran    : Bahasa Inggris

Kelas                       : XI

Hari/Tanggal       : ……………………………………………………………

 

No

Nama Peserta Didik

Pernyataan Soal No…

Jml

Skor

Skor Nilai

Kode

Nilai

 

1

2

3

4

5

1-100

1-4

 

1

Abdul hamid Mopali

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pedoman Penilaian

1.      Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

2.      Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan

3.      Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi

4.      Mengungkapakan kekaguman terhadap kebesaran Allah

5.      Merasakan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan

 

INDIKATOR PENILAIAN

DISIPLIN

1

Masuk kelas tepat waktu

2

Mengumpulkan tugas tepat waktu

3

Mengerjakan tugas yang diberikan

4

Tertib dalam mengikuti pembelajaran

JUJUR

1

Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas

2

Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa

 

menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas

3

Melaporkan data atau informasi apa adanya

4

Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

TOLERANSI

1

Menghormati pendapat teman

2

Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya

3

Menerima kekurangan orang lain

4

Mememaafkan kesalahan orang lain

KERJASAMA

1

Aktif dalam kerja kelompok

2

Suka menolong teman/orang lain

3

Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan

4

Rela berkorban untuk orang lain

SANTUN

1

Menghormati orang yang lebih tua

2

Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain

3

Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat

4

Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain

3)    Penilaian Diri

Penilaian diri dilakukan oleh peserta didik terhadap dirinya sendiri. Agar penilaian diri berjalan objektif, maka guru menjelaskan tujuan penilaian diri, menentukan kompetensi yang akan dinilai, dan menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, serta merumuskan format penilaiannya. Contoh format penilaian:

PENILAIAN DIRI

Mata Pelajaran    : Bahasa Inggris

Kelas                       : XI

Hari/Tanggal       : ……………………………………………………………

No

Nama Peserta Didik

Pernyataan Soal No…

Jml

Skor

Skor Nilai

Kode

Nilai

 

1

2

3

4

5

1-100

1-4

 

1

Abdul Hamid Mopali

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan:

1.      Saya semakin yakin dng keberadaan Tuhan setelah belajar

2.      Saya berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu kegiatan

3.      Saya mengucapkan rasa syukur atas segala karunia Tuhan

4.      Saya memberi salam sebelum & sesudah menyampaikan pendapat

5.      Saya mengungkapkan keagungan Tuhan jika melihat kebesaranNya  

Keterangan   :

TP (tidak Pernah)       :  Nilai = 1         SR (Sering)                    :  Nilai = 3                         

KD (Kadang-kadang) :  Nilai = 2         SL (Selalu)                     :  Nilai = 4

 

Catatan:

1.  Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50

2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4.  Kode nilai/predikat:

75,01 – 100,00             = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00               = Baik (B)

25,01 – 50,00               = Cukup (C)

00,00 –  25,00              = Kurang (K)

 

b.   Penilai pengetahuan

Penilaian Pengetahuan dilaksanakan pada akhir pertemuan setiap KD dalam bentuk ujian tulis baik secara luring maupun daring dengan memanfaatkan LMS MAN Alor atau Website Mata Pelajaran.

 

Contoh Instrumen Penilaian Pengetahuan

 

Jl. Jambu 129 Bima                                                                     January 30th, 2023

  

Dear Frodi,

It was a real sorrow that I heard this morning of your great loss. I knew your mother was ill, for your brother told me several weeks ago. However, as he at that time did not seem to think the illness was very serious, the news of your mother’s death came to me as a shock. You have my sincere and heartfelt

sympathy, my dear fellow, in your sorrow. I know you will feel it deeply, for you always thought so much of your mother and loved her so truly. I feel it also as a personal loss to myself, for your mother was always very kind to me. Her death must be a terrible grief to your father, too. Please assure him of my sincere sympathy.

Words, I know, are poor comforters. “The heart knows its own sorrow”, and in such sorrows we are always alone. However, it is not mere words when I say that I feel with you in your sorrow.

 

Your sincere friend,

Jean

 

1.       What is the possible relation between the sender and the recipient?

A.                   Relatives

B.                   Employers

C.                    Friends

D.                   Siblings

E.                   Employees

2.       From the letter we know that ….

A.                   Frodi’s mother was not ill before her death

B.                   Jean sent letter to Frodi several weeks ago

C.                    Jean was very sorrowful to send the letter to his mother

D.                   Jean had known Frodi’s mother before

E.                   Frodi is the only child in his family

3.       You have my sincere and heartfelt sympathy, my dear fellow, in your sorrow. What is the closest    meaning of word sincere?

A.                   Real

B.                   Caring

C.                    Generous

D.                   Honest

E.                   Curious

c.    Penilaian Keterampilan

Penilaian keterampilan dilakukan dengan melihat kemampuan Peserta Didik dalam mempresentasekan hasil diskusi.

-       Penilaian Unjuk Kerja

Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:

 

Instrumen Penilaian

No

Aspek yang Dinilai

Sangat

Baik

(100)

Baik

(75)

Kurang

Baik

(50)

Tidak

Baik

(25)

1

Kesesuaian respon dengan pertanyaan

 

 

 

 

2

Keserasian pemilihan kata

 

 

 

 

3

Kesesuaian penggunaan tata bahasa

 

 

 

 

4

Pelafalan

 

 

 

 

 

Kriteria penilaian (skor)

100      = Sangat Baik

75         = Baik

50         = Kurang Baik

25         = Tidak Baik

Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh Peserta Didik dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)

 

Instrumen Penilaian Diskusi

No

Aspek yang Dinilai

100

75

50

25

1

Penguasaan materi diskusi

 

 

 

 

2

Kemampuan menjawab pertanyaan

 

 

 

 

3

Kemampuan mengolah kata

 

 

 

 

4

Kemampuan menyelesaikan masalah

 

 

 

 

 

Keterangan:

100      = Sangat Baik

75         = Baik

50         = Kurang Baik

25         = Tidak Baik

 

-       Penilaian Proyek

Instrumen Penilaian Proyek

No

Nama Siswa

Skor

Jumlah Skor

Nilai

Persiapan

Pelaksanaan

Laporan

1

Abdul Hamid Mopali

2

7

10

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

-       Penilaian Portofolio

Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll

 

d.   Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1.      Remedial

Remedial diberikan kepada Peserta Didik yang belum menguasai materi pelajaran dan belum mencapai kompetensi yang telah ditentukan baik dalam bentuk tulis maupun lisan.

 

CONTOH PROGRAM REMIDIAL

 

Nama Madrasah                    :  MAN ALOR

Kelas/Semester                     :  XI/ Genap

Mata Pelajaran                       :  Bahasa Inggris

Ulangan Harian Ke               :  1

Tanggal Ulangan Harian    :  ………………………………………

Bentuk Ulangan Harian      :  Pilihan Ganda

Materi Ulangan Harian       :  Personal Letter

(KD / Indikator)                    :  ………………………………………

KKM                                            :  77

 

No

Nama Peserta Didik

Nilai Ulangan

Indikator yang Belum Dikuasai

Bentuk Tindakan Remedial

Nilai Setelah Remedial

Ket

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

2.      Pengayaan

Peserta Didik yang telah menjacapi nilai di atas KKM pada bab ini akan diberikan bahan bacaan yang relevan dengan materi pembelajaran, atau mereka diminta untuk menyelesaikan soal-soal tertentu untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi Pembelajaran yang telah dipelajari.

 

CONTOH INSTRUMEN PROGRAM PENGAYAAN

 

No

Nama Peserta Didik

Jenis Pengayaan

Nilai sebelum pengayaan

Nilai sesudah pengayaan

Ket

1

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                         Alor, 09 Januari 2023

Kepala Madrasah                                                               Guru Mata Pelajaran

Description: C:\Users\ACER\Downloads\WhatsApp Image 2022-04-16 at 21.12.36.jpeg

 

 

Hadi Abdul Aziz Kammis, SH                                     Sumardin Kemang, S.Pd

NIP. 197703112005011004                                      NIP. -

Tidak ada komentar