RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : MAN ALOR
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester :
XI / Genap
Tahun Pelajaran :
2022/2023
KD
: 3.6. Membedakan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks khusus dalam bentuk undangan resmi dengan memberi dan
meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.6 Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait
kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar
dan sesuai konteks
Materi Pokok : Teks
Khusus Dalam Bentuk Surat Pribadi
Alokasi Waktu : 9 JTM
(9 x45 menit)
Pertemuan ke : 1 – 3
Kompetensi Inti
KI-1 |
: |
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. |
KI-2 |
: |
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia |
KI-3 |
: |
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah |
KI-4 |
: |
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
Kompetensi Dasar ( KD ) |
Indikator Pencapaian Kompetensi ( IPK ) |
||
3.6 |
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk undangan resmi dengan
memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja sesuai dengan
konteks penggunaannya. |
1 2 3 |
Mengidentifikasi
ungkapan keakraban yang lazim digunakan dalam surat pribadi Memahami
struktur teks dan unsur kebahasaan
surat pribadi Menganalisis
unsur-unsur eksposisi surat pribadi |
4.6 |
Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi
terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks |
1 2 |
Mengelompokkan
dan menyusun kembali tiga surat pribadi yang dicampur aduk secara acak
menjadi tiga surat pribadi yang koheren, seperti aslinya Membuat surat pribadi untuk satu orang teman di
kelas tentang suatu hal yang relevan, dan kemudian membalasnya |
Pertemuan
Pertama: (3 x 45 menit)
Materi Pembelajaran
Teks Khusus Dalam Bentuk Surat Pribadi
Indikator Pencapaian Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran, Peserta
Didik mampu untuk:
1.
Mengidentifikasi ungkapan keakraban
yang lazim digunakan dalam surat pribadi
2.
Memahami struktur teks dan unsur kebahasaan surat pribadi
3.
Menganalisis unsur-unsur eksposisi
surat pribadi
4.
Mengelompokkan dan menyusun kembali
tiga surat pribadi yang dicampur aduk secara acak menjadi tiga surat pribadi
yang koheren, seperti aslinya
5.
Membuat surat pribadi untuk satu orang
teman di kelas tentang suatu hal yang relevan, dan kemudian membalasnya
Pendekatan, Model, Metode dan Media
Pembelajaran (Alat/Bahan & Sumber Belajar)
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
TPACK
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode Pembelajaran : Diskusi
(Presentase dan Tanya Jawab)
Media, Alat dan Bahan : Spidol,
papan tulis, HP/Leptop/Proyektor, WAG, Website Mapel.
Sumber Belajar : Buku
Bahasa Inggris untuk SMA dan MA Kelas XI edisi revisi 2016, Website Mapel Bahasa Inggris, Youtube
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan dan Syntax |
Deskripsi Kegiatan Belajar |
Waktu/ Ket |
|
PENDAHULUAN |
Guru memberikan orientasi, apersepsi, motivasi, acuan dan pengelompokan pembelajaran. |
5
menit (Synchronous) |
|
KEGIATAN
INTI |
Stimulus |
1. Guru membuka KBM dengan membacakan
ayat Al Quran yang relevan dengan materi pembelajaran (QS. An-Naml: 28) 2. Guru menyampaikan permasalahan umum
yang berkaitan dengan Materi Personal Letter |
15
menit (Synchronous/
Tatap Muka) |
Problem
Statment |
Guru
memberikan kesempatan bertanya kepada Peserta Didik tentang materi
pembelajaran. Misalnya: 1. What is Personal letter? 2. What is the function social of personal letter? 3. What is the general structure of the text? |
10
menit (Synchronous/
Tatap Muka) |
|
Data
Collection |
Peserta
Didik mencari dan mencatat berbagai informasi yang berhubungan dengan surat
pribadi serta Mengidentifikasi ungkapan keakraban
yang lazim digunakan dalam surat
pribadi §
|
30 Menit (Asynchronous/Penugasan) Kegiatan belajar di luar jam Tatap Muka (Web, WAG, Google Meeteng) |
|
Data
Processing |
Secara
berkelompok Peserta Didik berdiskusi untuk mengerjakan tugas tentang struktur
teks , unsur kebahasaan dan ungkapan-ungkapan keakraban yang lazim
digunakan dalam surat pribadi melalui WAG, web. |
30 Menit (Asynchronous/Penugasan) Kegiatan belajar di luar jam Tatap Muka (Web, WAG) |
|
Verification |
1. Guru memfasilitasi kelompok Peserta Didik untuk mempresentasikan
hasil diskusi tentang materi ajar baik secara langsung. 2. Peserta Didik lain baik secara individual maupun kelompok
menanggapi hasil presentasi untuk melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah
informasi yang disampaiakan oleh kelompok penyaji baik baik secara langsung
maupun dengan memberi komentar pada link youtube. (synchronous dan asynchronous) |
40 Menit (Synchronous/ Tatap Muka) |
|
Generalization |
1.
Guru
memberikan umpan balik dan membimbing Peserta Didik menyimpulkan materi
pembelajaran tentang lirik lagu |
||
PENUTUP |
·
Guru
merefleksikan pengalaman belajar, memberikan penilaian, dan menyampaikan
materi pembelajaran yang akan dilaksanakan pada pertemuan mendatang (materi
dishare pada web pembelajaran, WAG atau youtube, dll) |
5 menit ·
(Synchronous/ Tatap Muka) |
|
A.
Penilaian Sikap
Spritual dan Sikap Sosial :
Lembar pengamatan Pengetahuan
:
LK Peserta Didik Ketrampilan :
Observasi diskusi, produk, project dan portfolio |
Pertemuan
Kedua: (3 x 45 menit)
Materi Pembelajaran
Teks Khusus Dalam Bentuk Surat Pribadi
Indikator Pencapaian Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran, Peserta
Didik mampu untuk:
1.
Menganalisis unsur-unsur eksposisi
surat pribadi
2.
Mengelompokkan dan menyusun kembali
tiga surat pribadi yang dicampur aduk secara acak menjadi tiga surat pribadi
yang koheren, seperti aslinya
3.
Membuat surat pribadi untuk satu orang
teman di kelas tentang suatu hal yang relevan, dan kemudian membalasnya
Pendekatan, Model, Metode dan Media
Pembelajaran (Alat/Bahan & Sumber Belajar)
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
TPACK
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode Pembelajaran : Diskusi
(Presentase dan Tanya Jawab)
Media, Alat dan Bahan : Spidol,
papan tulis, HP/Leptop/Proyektor, WAG, Website Mapel.
Sumber Belajar : Buku
Bahasa Inggris untuk SMA dan MA Kelas XI edisi revisi 2016, Website Mapel
Bahasa Inggris, Youtube
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan dan Syntax |
Deskripsi Kegiatan Belajar |
Waktu/ Ket |
|
PENDAHULUAN |
Guru memberikan orientasi, apersepsi, motivasi, acuan dan pengelompokan pembelajaran. |
5 menit (Synchronous) |
|
KEGIATAN
INTI |
Stimulus |
1.
Guru membuka KBM dengan membacakan ayat Al Quran yang relevan dengan
materi pembelajaran (QS. An-Naml: 28) 2.
Guru
menyampaikan permasalahan umum yang berkaitan dengan Materi Personal Letter |
15
menit (Synchronous/ Tatap
Muka) |
Problem
Statment |
Guru
memberikan kesempatan bertanya kepada Peserta Didik tentang materi
pembelajaran. Misalnya: 1. Apa unsur-unsur eksposisi dari surat
pribadi? 2. Apa perbedaan antara surat pribadi dengan surat resmi? 3. Bagaimana cara penyusunan surat pribadi? |
10
menit (Synchronous/
Tatap Muka) |
|
Data
Collection |
Peserta
Didik mencari dan mencatat unsur-unsur
eksposisi dari surat pribadi §
|
30 Menit (Asynchronous/Penugasan) Kegiatan belajar di luar jam Tatap Muka (Web, WAG, Google Meeteng) |
|
Data
Processing |
Secara
berkelompok Peserta Didik berdiskusi untuk mengerjakan tugas tentang unsur-unsur eksposisi surat pribadi, perbedaan antara surat pribadi dengan surat resmi , cara
penyusunan surat pribadi,melalui WAG, web. |
30 Menit (Asynchronous/Penugasan) Kegiatan belajar di luar jam Tatap Muka (Web, WAG) |
|
Verification |
1. Guru memfasilitasi kelompok Peserta Didik untuk mempresentasikan
hasil diskusi tentang materi ajar baik secara langsung. 2. Peserta Didik lain baik secara individual maupun kelompok
menanggapi hasil presentasi untuk melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah
informasi yang disampaiakan oleh kelompok penyaji baik baik secara langsung
maupun dengan memberi komentar pada link youtube. (synchronous dan asynchronous) |
40 Menit (Synchronous/ Tatap Muka) |
|
Generalization |
2.
Guru
memberikan umpan balik dan membimbing Peserta Didik menyimpulkan materi
pembelajaran tentang lirik lagu |
||
PENUTUP |
1.
Guru
merefleksikan pengalaman belajar, memberikan penilaian, dan menyampaikan
materi pembelajaran yang akan dilaksanakan pada pertemuan mendatang (materi
dishare pada web pembelajaran, WAG atau youtube, dll) |
5 menit 2.
(Synchronous/ Tatap Muka) |
|
B.
Penilaian Sikap
Spritual dan Sikap Sosial :
Lembar pengamatan Pengetahuan
:
LK Peserta Didik Ketrampilan :
Observasi diskusi, produk, project dan portfolio |
Pertemuan
Ketiga: (3 x 45 menit)
Materi Pembelajaran
Teks Khusus Dalam Bentuk Surat Pribadi
Indikator Pencapaian Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran, Peserta
Didik mampu untuk:
1.
Mengelompokkan dan menyusun kembali
tiga surat pribadi yang dicampur aduk secara acak menjadi tiga surat pribadi
yang koheren, seperti aslinya
2.
Membuat surat pribadi untuk satu orang
teman di kelas tentang suatu hal yang relevan, dan kemudian membalasnya
Pendekatan, Model, Metode dan Media
Pembelajaran (Alat/Bahan & Sumber Belajar)
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
TPACK
Model Pembelajaran : Project
Based Learning
Metode Pembelajaran : Diskusi,
simulasi
Media, Alat dan Bahan : Spidol,
papan tulis, HP/Leptop/Proyektor, WAG, Website Mapel.
Sumber Belajar : Buku
Bahasa Inggris untuk SMA dan MA Kelas XI edisi revisi 2016, Website Mapel
Bahasa Inggris, Youtube
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan dan Syntax |
Deskripsi Kegiatan Belajar |
Waktu/ Ket |
|
||
PENDAHULUAN 5
menit |
Orientasi, apersepsi, motivasi, dan memberikan acuan pembelajaran |
5 menit (Synchronous) |
|
||
KEGIATAN INTI |
Fase 1 Penentuan Pertanyaan Mendasar |
1. Guru membuka KBM dengan membacakan
ayat Al Quran yang relevan dengan materi pembelajaran (QS. An-Naml: 28) 2. Guru menyampaikan Materi Personal
Letter |
30
menit (Synchronous/
Tatap Muka) |
|
|
Fase 2 Mendesain Perencanaan Proyek |
Guru membimbing Peserta Didik dalam
menyusun langkah-langkah penyusunan surat pribadi dan menyusun kembali tiga
surat pribadi yang dicampur aduk secara acak menjadi tiga surat pribadi yang
koheren, seperti aslinya dan membuat surat pribadi. |
25
menit (Synchronous/
Tatap Muka) |
|
||
Fase 3 Menyusun Jadwal |
Guru dan Peserta Didik menyepakati
jadwal aktifitas kegiatan, meliputi; Jadwal memulai pekerjaan tugas, jadwal
konsultasi dan bimbingan tugas, serta jadwal batasan akhir pekerjaan tugas. |
|
|||
Fase 4 Memonitor
Peserta Didik dan kemajuan proyek |
Guru memonitoring perkembangan
kemajuan Peserta Didik dalam menyelesaikan tugas dan mengecek keaktifan
Peserta Didik dalam menyelesaikan tugas tersebut, sedangkan Peserta Didik
membuat catatan perkembangan penyelesaian tugas untuk dikonsultasikan dengan
guru. |
45 Menit (Asynchronous/Penugasan) Kegiatan
belajar di luar jam Tatap Muka menggunakan web, WAG, Goocgle Met, Zoom. |
|
||
Fase 5 Menguji Hasil |
Pada fase ini Peserta Didik
mengumpulkan hasil kerjanya, kemudian guru menguji tugas yang telah
dikerjakan Peserta Didik dengan memberikan umpan balik, serta mengevaluasi
keaktifan Peserta Didik dalam menyelesaikan proyek tersebut. |
25 Menit (Ayncronus,
Synchronous) |
|
||
Fase 6 Mengevaluasi Pengalaman |
Guru dan Peserta Didik
melakukan refleksi terhadap aktivitas Peserta Didik dalam proses penyelesaian
tugas tersebut. Refleksi bertujuan untuk menemukan berbagai kekurangan dalam
aktivitas Peserta Didik untuk
melakukan perbaikan-perbaikan. |
|
|||
PENUTUP |
§ Guru merefleksikan pengalaman belajar, memberikan
penilaian, dan menyampaikan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan pada
pertemuan mendatang (materi dishare pada web pembelajaran, WAG atau youtube) |
5 menit (Synchronous) |
|
||
C.
Penilaian Sikap
Spritual dan Sikap Sosial : Lembar
pengamatan Pengetahuan : LK
Peserta Didik Ketrampilan :
Observasi diskusi, produk, project dan portfolio |
|||||
PENILAIAN
Penilaian terhadap peserta didik
adalah penilaian autentik yang dilakukan mengunakan aplikasi penilaian yang
telah disiapkan Madrasah, yang terdiri dari:
a.
Penilaian sikap
Penilaian sikap spiritual dan sikap sosial dilakukan melalui
pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung.
1)
Sikap Spritual
PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
Mata
Pelajaran : Bahasa Ingris
Kelas :
XI
Hari/Tanggal :
……………………………………………………………
No |
Nama Peserta Didik |
Pernyataan Soal No… |
Jml Skor |
Skor Nilai |
Kode Nilai |
|
|||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||||||
1-100 |
1-4 |
|
|||||||||
1 |
Abdul hamid Mopali |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Contoh
Pernyataan:
1.
Saya semakin yakin dng keberadaan
Tuhan setelah belajar
2.
Saya berdoa sebelum dan sesudah
melakukan sesuatu kegiatan
3.
Saya mengucapkan rasa syukur atas
segala karunia Tuhan
4.
Saya memberi salam sebelum dan sesudah
menyampaikan pendapat
5.
Saya mengungkapkan keagungan Tuhan
jika melihat kebesaranNya
Keterangan :
TP
(tidak Pernah) : Nilai = 1 SR
(Sering) : Nilai = 3
KD
(Kadang-kadang) : Nilai = 2 SL
(Selalu) : Nilai = 4
2)
Sikap Sosial
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas :
XI
Hari/Tanggal :
……………………………………………………………
No |
Nama Peserta Didik |
Pernyataan Soal No… |
Jml Skor |
Skor Nilai |
Kode Nilai |
|
|||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||||||
1-100 |
1-4 |
|
|||||||||
1 |
Abdul hamid Mopali |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Penilaian
1.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2.
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3.
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4.
Mengungkapakan kekaguman terhadap kebesaran Allah
5.
Merasakan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
INDIKATOR PENILAIAN |
||
DISIPLIN |
||
1 |
Masuk
kelas tepat waktu |
|
2 |
Mengumpulkan
tugas tepat waktu |
|
3 |
Mengerjakan
tugas yang diberikan |
|
4 |
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran |
|
JUJUR |
||
1 |
Tidak
nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas |
|
2 |
Tidak
melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa |
|
|
menyebutkan
sumber) dalam mengerjakan setiap tugas |
|
3 |
Melaporkan
data atau informasi apa adanya |
|
4 |
Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki |
|
TOLERANSI |
||
1 |
Menghormati
pendapat teman |
|
2 |
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya |
|
3 |
Menerima
kekurangan orang lain |
|
4 |
Mememaafkan
kesalahan orang lain |
|
KERJASAMA |
||
1 |
Aktif
dalam kerja kelompok |
|
2 |
Suka
menolong teman/orang lain |
|
3 |
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan |
|
4 |
Rela
berkorban untuk orang lain |
|
SANTUN |
||
1 |
Menghormati
orang yang lebih tua |
|
2 |
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain |
|
3 |
Menggunakan
bahasa santun saat menyampaikan pendapat |
|
4 |
Bersikap
3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain |
3)
Penilaian
Diri
Penilaian diri dilakukan oleh peserta didik terhadap
dirinya sendiri. Agar penilaian diri berjalan objektif, maka guru menjelaskan
tujuan penilaian diri, menentukan kompetensi yang akan dinilai, dan menentukan
kriteria penilaian yang akan digunakan, serta merumuskan format penilaiannya. Contoh format penilaian:
PENILAIAN DIRI
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : XI
Hari/Tanggal : ……………………………………………………………
No |
Nama Peserta Didik |
Pernyataan Soal No… |
Jml Skor |
Skor Nilai |
Kode Nilai |
|
|||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||||||
1-100 |
1-4 |
|
|||||||||
1 |
Abdul Hamid Mopali |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pertanyaan:
1.
Saya semakin yakin dng keberadaan
Tuhan setelah belajar
2.
Saya berdoa sebelum dan sesudah
melakukan sesuatu kegiatan
3.
Saya mengucapkan rasa syukur atas
segala karunia Tuhan
4.
Saya memberi salam sebelum &
sesudah menyampaikan pendapat
5.
Saya mengungkapkan keagungan Tuhan
jika melihat kebesaranNya
Keterangan :
TP (tidak Pernah) : Nilai = 1 SR
(Sering) : Nilai = 3
KD (Kadang-kadang) : Nilai = 2 SL
(Selalu) : Nilai = 4
Catatan:
1. Skor penilaian Ya = 100
dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah
pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor
dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai/predikat:
75,01 – 100,00 =
Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 =
Baik (B)
25,01 – 50,00 =
Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
b.
Penilai
pengetahuan
Penilaian Pengetahuan dilaksanakan pada akhir pertemuan setiap KD
dalam bentuk ujian tulis baik secara luring maupun daring dengan memanfaatkan
LMS MAN Alor atau Website Mata Pelajaran.
Contoh Instrumen Penilaian Pengetahuan
Jl. Jambu
129 Bima January
30th, 2023
Dear Frodi,
It was a
real sorrow that I heard this morning of your great loss. I knew your mother
was ill, for your brother told me several weeks ago. However, as he at that time
did not seem to think the illness was very serious, the news of your mother’s
death came to me as a shock. You have my sincere and heartfelt
sympathy, my
dear fellow, in your sorrow. I know you will feel it deeply, for you always
thought so much of your mother and loved her so truly. I feel it also as a
personal loss to myself, for your mother was always very kind to me. Her death
must be a terrible grief to your father, too. Please assure him of my sincere
sympathy.
Words, I
know, are poor comforters. “The heart knows its own sorrow”, and in such
sorrows we are always alone. However, it is not mere words when I say that I
feel with you in your sorrow.
Your sincere
friend,
Jean
1. What is the possible relation between the sender and
the recipient?
A.
Relatives
B.
Employers
C.
Friends
D.
Siblings
E.
Employees
2. From the letter we know that ….
A.
Frodi’s mother was
not ill before her death
B.
Jean sent letter to
Frodi several weeks ago
C.
Jean was very
sorrowful to send the letter to his mother
D.
Jean had known
Frodi’s mother before
E.
Frodi is the only
child in his family
3. You have my sincere and heartfelt sympathy, my dear
fellow, in your sorrow. What is the closest
meaning of word sincere?
A.
Real
B.
Caring
C.
Generous
D.
Honest
E.
Curious
c.
Penilaian
Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan dengan
melihat kemampuan Peserta Didik dalam mempresentasekan hasil diskusi.
-
Penilaian
Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada
instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No |
Aspek
yang Dinilai |
Sangat
Baik
(100) |
Baik
(75) |
Kurang
Baik
(50) |
Tidak
Baik
(25) |
1 |
Kesesuaian
respon dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 |
Keserasian
pemilihan kata |
|
|
|
|
3 |
Kesesuaian
penggunaan tata bahasa |
|
|
|
|
4 |
Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari
nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh Peserta Didik dibagi jumlah skor
maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang
Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 |
Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
|
|
3 |
Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 |
Kemampuan menyelesaikan masalah |
|
|
|
|
Keterangan:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian
Proyek
Instrumen
Penilaian Proyek
No |
Nama
Siswa |
Skor |
Jumlah
Skor |
Nilai |
||
Persiapan |
Pelaksanaan |
Laporan |
||||
1 |
Abdul Hamid Mopali |
2 |
7 |
10 |
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
-
Penilaian
Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik,
seperti catatan, PR, dll
d.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
1.
Remedial
Remedial diberikan kepada Peserta Didik yang
belum menguasai materi pelajaran dan belum mencapai kompetensi yang telah
ditentukan baik dalam bentuk tulis maupun lisan.
CONTOH
PROGRAM REMIDIAL
Nama Madrasah : MAN ALOR
Kelas/Semester : XI/ Genap
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Ulangan Harian Ke : 1
Tanggal Ulangan Harian : ………………………………………
Bentuk Ulangan Harian : Pilihan Ganda
Materi Ulangan Harian : Personal Letter
(KD / Indikator) : ………………………………………
KKM : 77
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator yang Belum
Dikuasai |
Bentuk Tindakan Remedial |
Nilai Setelah Remedial |
Ket |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
2.
Pengayaan
Peserta Didik yang telah menjacapi
nilai di atas KKM pada bab ini akan diberikan bahan bacaan yang relevan dengan
materi pembelajaran, atau mereka diminta untuk menyelesaikan soal-soal tertentu
untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi Pembelajaran yang telah
dipelajari.
CONTOH
INSTRUMEN PROGRAM PENGAYAAN
No |
Nama Peserta Didik |
Jenis Pengayaan |
Nilai sebelum pengayaan |
Nilai sesudah pengayaan |
Ket |
1 |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
Mengetahui, Alor,
09 Januari 2023
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Hadi Abdul Aziz Kammis, SH Sumardin
Kemang, S.Pd
NIP. 197703112005011004 NIP. -
Tidak ada komentar