RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : MAN ALOR
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester :
XI / Ganjil
Tahun Pelajaran :
2022/2023
KD : 3.1
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan
dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Materi Pokok : Teks Interaksi Transaksional,
Informasi Terkait Saran dan Tawaran
Alokasi Waktu : 9 JTM
(9 x45 menit)
Pertemuan ke : 1 – 3
Kompetensi Inti
KI-1 |
: |
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. |
KI-2 |
: |
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia |
KI-3 |
: |
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah |
KI-4 |
: |
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar ( KD ) |
Indikator Pencapaian Kompetensi ( IPK ) |
||
3.1 |
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai
dengan konteks penggunaannya. |
1 2 |
Mengidentifikasi ungakapan-ungkapan memberi dan
meminta informasi terkait saran dan tawaran Memahami struktur teks ungkapan memberi dan
meminta informasi terkait saran dan tawaran |
4.1 |
Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan
tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
1 2 |
Menyusun saran dan tawaran lalu menyampaikannya ke teman
kelas Menanggapi saran dan tawaran yang diajukan
kepadanya |
Pertemuan Pertama: (3 x 45 menit)
Materi Pembelajaran
Offers and Suggests
Indikator Pencapaian Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran, Peserta
Didik mampu untuk:
1.
Mengidentifikasi
ungakapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran
2.
Memahami
struktur teks ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran
3.
Menyusun
saran dan tawaran lalu menyampaikannya ke teman kelas
4.
Menanggapi saran
dan tawaran yang diajukan kepadanya
Pendekatan, Model, Metode dan Media
Pembelajaran (Alat/Bahan & Sumber Belajar)
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
TPACK
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode Pembelajaran : Diskusi
(Presentase dan Tanya Jawab)
Media, Alat dan Bahan : Spidol,
papan tulis, HP/Leptop/Proyektor, WAG, Website Mapel.
Sumber Belajar :Buku Bahasa Inggris untuk SMA dan MA Kelas XI edisi revisi 2016, Website Mapel Sastra Inggris, Youtube
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan dan Syntax |
Deskripsi Kegiatan Belajar |
Waktu/ Ket |
|
PENDAHULUAN |
Guru memberikan orientasi, apersepsi, motivasi, acuan dan pengelompokan pembelajaran. |
5
menit (Synchronous) |
|
KEGIATAN
INTI |
Stimulus |
1. Guru membuka KBM dengan membacakan
ayat Al Quran yang relevan dengan materi pembelajaran (Al-Qur’an Surah
As-Syura ayat 38 & Surah Al-Anbiya
ayat 7) 2. Guru menyampaikan permasalahan umum
yang berkaitan dengan Materi Offers and Suggests |
15
menit (Synchronous/
Tatap Muka) |
Problem
Statment |
Guru
memberikan kesempatan bertanya kepada Peserta Didik tentang materi
pembelajaran. Misalnya: 1. What is offer and suggest? 2. What expression we use to giving and accepting offers ? 3. What expresion we use to asking and giving suggestion? |
10
menit (Synchronous/
Tatap Muka) |
|
Data
Collection |
Peserta
Didik mencari dan mencatat berbagai informasi yang berhubungan dengan offers
and suggests serta Mengidentifikasi
ungkapan keakraban yang lazim digunakan
dalam offers and suggests §
|
30 Menit (Asynchronous/Penugasan) Kegiatan belajar di luar jam Tatap Muka (Web, WAG, Google Meeteng) |
|
Data
Processing |
Secara
berkelompok Peserta Didik berdiskusi untuk mengerjakan tugas Ungkapan-ungkapan
yang digunakan dalam offering and suggetion melalui WAG, web. |
30 Menit (Asynchronous/Penugasan) Kegiatan belajar di luar jam Tatap Muka (Web, WAG) |
|
Verification |
1. Guru memfasilitasi kelompok Peserta Didik untuk mempresentasikan
hasil diskusi tentang materi ajar baik secara langsung. 2. Peserta Didik lain baik secara individual maupun kelompok
menanggapi hasil presentasi untuk melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah
informasi yang disampaiakan oleh kelompok penyaji baik baik secara langsung
maupun dengan memberi komentar pada link youtube. |
40 Menit (Synchronous/ Tatap Muka) |
|
Generalization |
1.
Guru
memberikan umpan balik dan membimbing Peserta Didik menyimpulkan materi
pembelajaran tentang Offers and Sugests |
||
PENUTUP |
·
Guru
merefleksikan pengalaman belajar, memberikan penilaian, dan menyampaikan
materi pembelajaran yang akan dilaksanakan pada pertemuan mendatang (materi
dishare pada web pembelajaran, WAG atau youtube, dll) |
5 menit ·
(Synchronous/ Tatap Muka) |
|
A.
Penilaian Sikap
Spritual dan Sikap Sosial :
Lembar pengamatan Pengetahuan
:
LK Peserta Didik Ketrampilan :
Observasi diskusi, produk, project dan portfolio |
Pertemuan
Kedua: (3 x 45 menit)
Materi Pembelajaran
Offers and Suggests
Indikator Pencapaian Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran, Peserta
Didik mampu untuk:
1. Memahami struktur teks ungkapan memberi dan meminta informasi
terkait saran dan tawaran
2. Menyusun saran dan tawaran lalu
menyampaikannya ke teman kelas
3. Menanggapi saran dan tawaran yang
diajukan kepadanya
Pendekatan, Model, Metode dan Media
Pembelajaran (Alat/Bahan & Sumber Belajar)
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
TPACK
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode Pembelajaran : Diskusi
(Presentase dan Tanya Jawab)
Media, Alat dan Bahan : Spidol,
papan tulis, HP/Leptop/Proyektor, WAG, Website Mapel.
Sumber Belajar :Buku Bahasa Inggris untuk SMA dan MA Kelas XI edisi revisi 2016, Website Mapel Sastra Inggris, Youtube
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan dan Syntax |
Deskripsi Kegiatan Belajar |
Waktu/ Ket |
||
PENDAHULUAN |
Guru memberikan orientasi, apersepsi, motivasi, acuan dan pengelompokan pembelajaran. |
5
menit (Synchronous) |
||
KEGIATAN
INTI |
Stimulus |
1. Guru membuka KBM dengan membacakan
ayat Al Quran yang relevan dengan materi pembelajaran (Al-Qur’an Surah
As-Syura ayat 38 & Surah Al-Anbiya
ayat 7) 2. Guru menyampaikan permasalahan umum
yang berkaitan dengan Materi Offers and Suggests |
15
menit (Synchronous/
Tatap Muka) |
|
Problem
Statment |
Guru
memberikan kesempatan bertanya kepada Peserta Didik tentang materi
pembelajaran. Misalnya: 4. What is offer and suggest? 5. What expression we use to giving and accepting offers ? 6. What expresion we use to asking and giving suggestion? |
10
menit (Synchronous/
Tatap Muka) |
||
Data
Collection |
Peserta
Didik mencari dan mencatat berbagai informasi yang berhubungan dengan offers
and suggests serta Mengidentifikasi
ungkapan keakraban yang lazim digunakan
dalam offers and suggests §
|
30 Menit (Asynchronous/Penugasan) Kegiatan belajar di luar jam Tatap Muka (Web, WAG, Google Meeteng) |
||
Data
Processing |
Secara
berkelompok Peserta Didik berdiskusi untuk mengerjakan tugas Ungkapan-ungkapan
yang digunakan dalam offering and suggetion melalui WAG, web. |
30 Menit (Asynchronous/Penugasan) Kegiatan belajar di luar jam Tatap Muka (Web, WAG) |
||
Verification |
3. Guru memfasilitasi kelompok Peserta Didik untuk mempresentasikan
hasil diskusi tentang materi ajar baik secara langsung. 4. Peserta Didik lain baik secara individual maupun kelompok
menanggapi hasil presentasi untuk melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah
informasi yang disampaiakan oleh kelompok penyaji baik baik secara langsung
maupun dengan memberi komentar pada link youtube. |
40 Menit (Synchronous/ Tatap Muka) |
||
Generalization |
2.
Guru
memberikan umpan balik dan membimbing Peserta Didik menyimpulkan materi
pembelajaran tentang lirik lagu |
|||
PENUTUP |
·
Guru
merefleksikan pengalaman belajar, memberikan penilaian, dan menyampaikan materi
pembelajaran yang akan dilaksanakan pada pertemuan mendatang (materi dishare
pada web pembelajaran, WAG atau youtube, dll) |
5 menit ·
(Synchronous/ Tatap Muka) |
||
B.
Penilaian Sikap
Spritual dan Sikap Sosial :
Lembar pengamatan Pengetahuan
:
LK Peserta Didik Ketrampilan :
Observasi diskusi, produk, project dan portfolio |
|
|||
Pertemuan
Ketiga: (3 x 45 menit)
Materi Pembelajaran
Offers and Suggests
Indikator Pencapaian Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran, Peserta
Didik mampu untuk:
1. Menyusun teks lisan berbentuk
dialog pendek terkait saran dan tawaran lalu menyampaikannya ke teman kelas
Pendekatan, Model, Metode dan Media
Pembelajaran (Alat/Bahan & Sumber Belajar)
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
TPACK
Model Pembelajaran : Project
Based Learning
Metode Pembelajaran : Diskusi,
simulasi
Media, Alat dan Bahan : Spidol,
papan tulis, HP/Leptop/Proyektor, WAG, Website Mapel.
Sumber Belajar :Buku Bahasa Inggris untuk SMA dan MA Kelas XI edisi revisi 2016, Website Mapel Sastra Inggris, Youtube
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan dan Syntax |
Deskripsi Kegiatan Belajar |
Waktu/ Ket |
|
||
PENDAHULUAN 5 menit |
Orientasi, apersepsi, motivasi, dan memberikan acuan pembelajaran |
5 menit (Synchronous) |
|
||
KEGIATAN INTI |
Fase 1 Penentuan Pertanyaan Mendasar |
1. Guru membuka KBM dengan membacakan ayat Al Quran yang
relevan dengan materi pembelajaran (Al-Qur’an Surah As-Syura ayat 38 & Surah Al-Anbiya ayat
7) 2. Guru menyampaikan permasalahan umum yang berkaitan dengan Materi Offers
and Suggests |
30
menit (Synchronous/
Tatap Muka) |
|
|
Fase 2 Mendesain Perencanaan Proyek |
Guru membimbing Peserta Didik dalam
menyusun langkah-langkah penyusunan dialog singkat terkait saran dan tawaran dan
menyusun kembali dialog yang dicampur aduk secara acak menjadi dialog yang
koheren, seperti aslinya dan membuat dilaog singkat. |
25
menit (Synchronous/
Tatap Muka) |
|
||
Fase 3 Menyusun Jadwal |
Guru dan Peserta Didik menyepakati
jadwal aktifitas kegiatan, meliputi; Jadwal memulai pekerjaan tugas, jadwal
konsultasi dan bimbingan tugas, serta jadwal batasan akhir pekerjaan tugas. |
|
|||
Fase 4 Memonitor
Peserta Didik dan kemajuan proyek |
Guru memonitoring perkembangan
kemajuan Peserta Didik dalam menyelesaikan tugas dan mengecek keaktifan
Peserta Didik dalam menyelesaikan tugas tersebut, sedangkan Peserta Didik
membuat catatan perkembangan penyelesaian tugas untuk dikonsultasikan dengan
guru. |
45 Menit (Asynchronous/Penugasan) Kegiatan
belajar di luar jam Tatap Muka menggunakan web, WAG, Goocgle Met, Zoom. |
|
||
Fase 5 Menguji Hasil |
Pada fase ini Peserta Didik
mengumpulkan hasil kerjanya, kemudian guru menguji tugas yang telah
dikerjakan Peserta Didik dengan memberikan umpan balik, serta mengevaluasi
keaktifan Peserta Didik dalam menyelesaikan proyek tersebut. |
25 Menit (Ayncronus,
Synchronous) |
|
||
Fase 6 Mengevaluasi Pengalaman |
Guru dan Peserta Didik
melakukan refleksi terhadap aktivitas Peserta Didik dalam proses penyelesaian
tugas tersebut. Refleksi bertujuan untuk menemukan berbagai kekurangan dalam
aktivitas Peserta Didik untuk
melakukan perbaikan-perbaikan. |
|
|||
PENUTUP |
§ Guru merefleksikan pengalaman belajar,
memberikan penilaian, dan menyampaikan materi pembelajaran yang akan
dilaksanakan pada pertemuan mendatang (materi dishare pada web pembelajaran,
WAG atau youtube) |
5 menit (Synchronous) |
|
||
C.
Penilaian Sikap
Spritual dan Sikap Sosial : Lembar
pengamatan Pengetahuan : LK
Peserta Didik Ketrampilan :
Observasi diskusi, produk, project dan portfolio |
|||||
PENILAIAN
Penilaian terhadap peserta didik
adalah penilaian autentik yang dilakukan mengunakan aplikasi penilaian yang
telah disiapkan Madrasah, yang terdiri dari:
a.
Penilaian sikap
Penilaian sikap spiritual dan sikap sosial dilakukan melalui
pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung.
1)
Sikap Spritual
PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
Mata
Pelajaran : Bahasa Ingris
Kelas :
XI
Hari/Tanggal :
……………………………………………………………
No |
Nama Peserta Didik |
Pernyataan Soal No… |
Jml Skor |
Skor Nilai |
Kode Nilai |
|
|||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||||||
1-100 |
1-4 |
|
|||||||||
1 |
Rahmwati Abdullah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Contoh
Pernyataan:
1.
Saya semakin yakin dng keberadaan
Tuhan setelah belajar
2.
Saya berdoa sebelum dan sesudah
melakukan sesuatu kegiatan
3.
Saya mengucapkan rasa syukur atas
segala karunia Tuhan
4.
Saya memberi salam sebelum dan sesudah
menyampaikan pendapat
5.
Saya mengungkapkan keagungan Tuhan
jika melihat kebesaranNya
Keterangan :
TP
(tidak Pernah) : Nilai = 1 SR
(Sering) : Nilai = 3
KD
(Kadang-kadang) : Nilai = 2 SL
(Selalu) : Nilai = 4
2)
Sikap Sosial
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas :
XI
Hari/Tanggal :
……………………………………………………………
No |
Nama Peserta Didik |
Pernyataan Soal No… |
Jml Skor |
Skor Nilai |
Kode Nilai |
|
|||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||||||
1-100 |
1-4 |
|
|||||||||
1 |
Rahmwati Abdullah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Penilaian
1.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2.
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3.
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4.
Mengungkapakan kekaguman terhadap kebesaran Allah
5. Merasakan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
INDIKATOR PENILAIAN |
||
DISIPLIN |
||
1 |
Masuk
kelas tepat waktu |
|
2 |
Mengumpulkan
tugas tepat waktu |
|
3 |
Mengerjakan
tugas yang diberikan |
|
4 |
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran |
|
JUJUR |
||
1 |
Tidak
nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas |
|
2 |
Tidak
melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa |
|
|
menyebutkan
sumber) dalam mengerjakan setiap tugas |
|
3 |
Melaporkan
data atau informasi apa adanya |
|
4 |
Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki |
|
TOLERANSI |
||
1 |
Menghormati
pendapat teman |
|
2 |
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya |
|
3 |
Menerima
kekurangan orang lain |
|
4 |
Mememaafkan
kesalahan orang lain |
|
KERJASAMA |
||
1 |
Aktif
dalam kerja kelompok |
|
2 |
Suka
menolong teman/orang lain |
|
3 |
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan |
|
4 |
Rela
berkorban untuk orang lain |
|
SANTUN |
||
1 |
Menghormati
orang yang lebih tua |
|
2 |
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain |
|
3 |
Menggunakan
bahasa santun saat menyampaikan pendapat |
|
4 |
Bersikap
3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain |
3)
Penilaian
Diri
Penilaian diri dilakukan oleh peserta didik terhadap
dirinya sendiri. Agar penilaian diri berjalan objektif, maka guru menjelaskan
tujuan penilaian diri, menentukan kompetensi yang akan dinilai, dan menentukan
kriteria penilaian yang akan digunakan, serta merumuskan format penilaiannya. Contoh format penilaian:
PENILAIAN DIRI
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : XI
Hari/Tanggal : ……………………………………………………………
No |
Nama Peserta Didik |
Pernyataan Soal No… |
Jml Skor |
Skor Nilai |
Kode Nilai |
|
|||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||||||
1-100 |
1-4 |
|
|||||||||
1 |
Abdul Hamid Mopali |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pertanyaan:
1.
Saya semakin yakin dng keberadaan
Tuhan setelah belajar
2.
Saya berdoa sebelum dan sesudah
melakukan sesuatu kegiatan
3.
Saya mengucapkan rasa syukur atas
segala karunia Tuhan
4.
Saya memberi salam sebelum &
sesudah menyampaikan pendapat
5.
Saya mengungkapkan keagungan Tuhan
jika melihat kebesaranNya
Keterangan :
TP (tidak Pernah) : Nilai = 1 SR
(Sering) : Nilai = 3
KD (Kadang-kadang) : Nilai = 2 SL
(Selalu) : Nilai = 4
Catatan:
1. Skor penilaian Ya = 100
dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah
pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor
dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai/predikat:
75,01 – 100,00 =
Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 =
Baik (B)
25,01 – 50,00 =
Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
b.
Penilai
pengetahuan
Penilaian Pengetahuan dilaksanakan pada akhir pertemuan setiap KD dalam bentuk ujian tulis baik secara luring maupun daring dengan memanfaatkan LMS MAN Alor atau Website Mata Pelajaran.
Contoh Instrumen Penilaian Pengetahuan
Soal 1
Ronaldo: Sir, would you like me to close the window for you?
Mr. Adi: Yes, please. It’s very cold inside.
The underlined sentence express:
A. Asking help
B. Offering help
C. Refusing something
D. Accepting an offer
E. Suggestion
Soal 2
Ela: Mom, do you need some help? You look so busy this morning.
Mom: Of course, dear. I need another pair of hands to wash the dish.
The underlined sentence expresses …….
A. Accepting help
B. Offering help
C. Refusing help
D. Looking for something
E. Apologizing
Soal 3
Situation: You want to test your crush, but you are afraid to do that. You want to ask for some advice from your friend.
You can say all the followings, except ….
A. what do you think I should do?
B. what should I do?
C. can I ask your advice about texting my crush?
D. do you think it is better to test or not to test him/her?
E. why don’t you text him/her?
Soal 4
Situation: Your friend needs a book for his homework. But he doesn’t have enough money to buy it.
What will you suggest him?
A. You should borrow from our seniors
B. I think you shouldn’t do the homework.
C. What if we go to the zoo?
D. You ought to get some rest.
E. Why don’t you go to book store?
Soal 5
Situation: You and your friends are on a trip to Batu Putih beach.
However, none of you knows about the route to the beach.
What will be your suggestion?
A. I think we can go home now.
B. What about going to a restaurant?
C. You should open Google Maps application on your phone.
D. You should read the instruction more carefully.
E. Call police!
c.
Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan dengan
melihat kemampuan Peserta Didik dalam mempresentasekan hasil diskusi.
-
Penilaian
Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada
instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No |
Aspek
yang Dinilai |
Sangat
Baik
(100) |
Baik
(75) |
Kurang
Baik
(50) |
Tidak
Baik
(25) |
1 |
Kesesuaian
respon dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 |
Keserasian
pemilihan kata |
|
|
|
|
3 |
Kesesuaian
penggunaan tata bahasa |
|
|
|
|
4 |
Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari
nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh Peserta Didik dibagi jumlah skor
maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 |
Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
|
|
3 |
Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 |
Kemampuan menyelesaikan masalah |
|
|
|
|
Keterangan:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian Proyek
Instrumen
Penilaian Proyek
No |
Nama
Siswa |
Skor |
Jumlah
Skor |
Nilai |
||
Persiapan |
Pelaksanaan |
Laporan |
||||
1 |
Rahmawati Abdullah |
2 |
7 |
10 |
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
-
Penilaian
Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik,
seperti catatan, PR, dll
d.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
1.
Remedial
Remedial diberikan kepada Peserta Didik yang
belum menguasai materi pelajaran dan belum mencapai kompetensi yang telah
ditentukan baik dalam bentuk tulis maupun lisan.
CONTOH
PROGRAM REMIDIAL
Nama Madrasah : MAN ALOR
Kelas/Semester : XI/ Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Ulangan Harian Ke : 1
Tanggal Ulangan Harian : ………………………………………
Bentuk Ulangan Harian : Pilihan Ganda
Materi Ulangan Harian : offers and suggests
(KD / Indikator) : ………………………………………
KKM : 77
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator yang Belum
Dikuasai |
Bentuk Tindakan Remedial |
Nilai Setelah Remedial |
Ket |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
2.
Pengayaan
Peserta Didik yang telah menjacapi
nilai di atas KKM pada bab ini akan diberikan bahan bacaan yang relevan dengan
materi pembelajaran, atau mereka diminta untuk menyelesaikan soal-soal tertentu
untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi Pembelajaran yang telah
dipelajari.
CONTOH
INSTRUMEN PROGRAM PENGAYAAN
No |
Nama Peserta Didik |
Jenis Pengayaan |
Nilai sebelum pengayaan |
Nilai sesudah pengayaan |
Ket |
1 |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
Mengetahui, Alor,
17 Juli 2023
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Hadi Abdul Aziz Kammis, SH Sumardin
Kemang, S.Pd
NIP. 197703112005011004 NIP. 198612062023211016
Tidak ada komentar